STRATEGI MENGOPTIMASI BLOG






                 
            Selamat malam para blogger sekalian kali ini saya akan memberikan sedikit informasi yang gak begitu penting :D Kita sebagai blogger tentunya paham cara mengptimalkan blog yang kita buat ,untuk mengoptmalkan blog jangan cuma terfokus pada cara mengoptimasikan SEO Blog tanpa memikirkan kualitas artikel didalam blog tersebut karena Blogging ialah aktivitas yang amat penting untuk menaikan popularitas usaha Anda di dunia maya. Bagi sejumlah bisnis, blogging telah memberi keuntungan yang dahsyat, bahkan mampu menambah bisnis tersebut ke tingkat yang lebih bagus di dalam persaingan yang sulit. Sekarang ini, aktivitas blogging yg memberikan nilai kepada penggunanya kelihatannya telah menjadi hal yg jauh lebih berharga dibanding kepentingan SEO saja sebab aktifitas pembaca di blog Kita pun telah menjadi salahsatu bagian penting dari SEO tersebut. Jadi sorang blogger musti tahu cara mengoptimasi blog dari segi SEO & sekaligus dari segi pengunjungnya.
           


            Sejatinya kegiatan blogging tuk tujuan SEO tidaklah sesuatu yang jelek, bagi saya. Namun pada kenyataannya banyak blogger yang cuma mendahulukan tujuan SEO saja dan tak memikirkan bagaimana pengunjung dalam membaca konten yang dibikin. Bila Anda adalah salah seorang blogger yng melakukan hal itu, percayalah jika Anda saat ini tengah mengumbar-umbar waktu potensial yang bisa mendatangkan keuntungan.
          Tentu lebih bagus bila kita melakukan aktivitas blogging dengan memikirkan kedua hal ini, yakni SEO serta visitor Anda. Berikut ini ialah sebagian kegiatan blogging yang mampu memberikan nilai positif dari segi SEO & audien blog Anda.


1. Berusaha Tuk Memunculkan Topik yang Unik

     Pembaca umumnya suka men-sharing konten yang unik dan bagus ke media sosial. Lantas    bagaimana cara anda mengetahui sebuah topik yang unik? Pahami beberapa teknik berikut tuk memastikan jika topik yang Anda bikin cukup unik dan menarik untuk orang lain:
  1. Bertanya kepada pengunjung via sosial media maupun juga melewati blog Anda.
  2. Datangi forum2 yang berisi tanya jawab semacam Yahoo Answers, forum web hosting, forum SEO untuk mendapatkan masalah yang sedang dibicarakan kemudian buatlah artikel yang berhubungan dengan itu.
  3. Pergunakan Twitter dan Facebook tuk mendapatkan topik yang kerap dibahas, caranya dengan memanfaatkan fitur hastag di sosial media tsbt.
  4. Berkunjung ke blog lainnya dan perhatikan isu apa saja yang sering dibaca dan diberikan komentar oleh pengunjungnya.
  5. Memperhatikan website berita kemudian menyaring informasi yang betul-betul sesuai dengan niche maupun topik blog Anda.
2. Temukan Keyword yang Cocok

Bila Anda ingin sukses di dalam SEO & mendapat banyak audien, maka menyeleksi keyword yang cocok merupakan sebuah keharusan sebab kata kunci (keywords) mempunyai peranan yang amat penting dalam menentukan ranking konten Anda di dalam search engine, dan bakal selalu demikian. Makin banyak variasi keyword untuk sebuah topik, maka potensi pengunjung Anda pasti kian bertambah.
           Kita dapat memakai fasilitas yang free dari Google Adwords tuk mencari beragam keyword yang sering gunakan di Google. Pakai variasi keyword di dalam setiap artikel yang Anda bikin, buat senatural mungkin tuk menghindari penilize dari Search engine. Jika Anda memilih suatu topik yang menurut Kita unik tapi jumlah pencarinya tak begitu banyak, tetaplah menulis tuk isu tersebut sebab pasti ada pengunjung lainnya yang mempunyai minat yang serupa dengan Kita.


3. Buatlah Artikel Dengan Sepenuh Hati

          Setiap kali membikin sebuah artikel, menulislah dengan sepenuh hati sekonyong-konyong Anda memiliki otoritas dan ahli dalam pembahasan tersebut, tapi tetap dengan gaya menulis yang apa adanya. Buatlah artikel yang memiliki kekuatan dan nilai kepada pembacanya. Bila konten Anda kebanyakan terkesan layaknya menjual sesuatu, bisa jadi audien Anda bakal meninggalkan blog Anda. Seharusnya artikel Anda berisi pengetahuan yang bernilai, tidak cuma mengandung link promosi saja.

4.. Pastikan Artikel Anda Enak Dibaca & Dipahami

            Kebanyakan pemirsa sekarang tak menyukai dengan hal yang berbasa-basi dan ngalor-ngidul. Mereka lebih menyukai membaca point2 terpenting dari sebuah artikel. Sebab itu, sudah semestinya artikel yang kita buat supaya lebih gampang dibaca dan dipahami, contohnya dengan membuatkan sub header yg detail untuk seluruh point2 terpenting yang mau kita kemukakan.

5. Optimalkan Artikel Buat Mesin Pencari

      Bila Anda telah mengoptimalkan artikel untuk pembaca, langkah berikutnya ialah mengoptimalkan konten yang telah anda buat itu untuk SEO yang lebih bagus. Langkah ini dapat kita awali dengan memasukkan keyword di dalam title halaman dan membuatkan keyword didalam konten, diawali dari paragraf kesatu, bagian midle, dan paragraf terakhir.
          Gunakan keyword di dalam artikel dengan senatural mungkin, jangan memakai keyword yang sama yang banyak. Akan lebih sempurna bila kita memakai keyword lainnya yang masih berkaitan dengan keyword utama yg kita pilih. Disamping itu, Anda dapat menghubungkan artikel yang telah anda buat itu dengan artikel lain yang masih berkaitan didalam blog Anda, yakni dengan membuatkan related post.

6. Bagikan Artikel Kita di Sosial media

           Kita wajib memanfaatkan sosial media untuk menyerap audience lebih banyak, yakni dengan men-sharing artikel tersebut ke sosial media semacam Facebook, Twitter, Google+, dan yg lainnya. Jika konten Anda jelas memberikan nilai untuk kawan2 di sosial media, bisa jadi mereka pun akan melakukan menyebarluaskan artikel tersebut. Jangan lupa membuatkan tombol media sosial di semua artikel Kita untuk lebih mempermudah audience Anda men-sharing artikel yang telah anda buat itu di sosial media dan demikian sedikit tentang Cara Mengoptimasikan SEO Blog

7. Memeriksa Kompetisi yang Ada
 
        Periksalah ini selalu untuk melihat apa yang pesaing Anda lakukan, topik apa yang mereka posting, strategi apa yang mereka gunakan, dan yang paling pentig apa yang sedang tren di situs web mereka. Saya tidak mengatakan bahwa Anda harus meng-copy-nya. Tetapi mencari petunjuk sebelum menulis dengan ide-ide di konten Anda sendiri.



8. Memeriksa Konten Terbaru

         Pastikan Anda mengikuti tren dan berita terbaru di berbagai jejaring sosial. Menulis tentang apa sang sedang panas dibicarakan. Menulis tentang tren terbaru tidak hanya akan membawa banyak pembaca, tapi juga memberitahu search engine bahwa website Anda itu dinamis dan menyediakan konten yang segar dan terbaru untuk para pengguna internet.



9. Memerikasa Keyword Sebelum Posting

          Jadi, Anda telah memutuskan untuk menulis tentang sesuatu. Tapi Anda sedang mencari kata-kata untuk menjelaskan? Anda harus belajar bagaimana untuk melakukan penelitian kata kunci. Anda akan membutuhkan kata kuncu untuk berbagai hal yang berbeda seperti judul, meta description, tag, dan sebagainya. Periksalah artikel-artikel ini dan orang lain untuk mengetahui lebih lanjut tentang hal itu.



10.  Perbedaan antara Penulis dan Blogger

          Seorang blogger yang baik mungkin menjadi penulis yang baik, tetapi untuk sebaliknya tidak selalu benar. Seorang penulis yang baik mungkin tahu bagaimana menulis untuk pembaca, tapi blogger juga tahu bagaimana menulis untuk mesin pencari. Untuk menjadi blogger yang baik Anda perlu untuk mengadopsi gaya teknik pengunjung, melakukan pendekatan yang konsisten, dan banyak lagi. Silahkan Anda lakukan itu. Silahkan periksa postingan ini



11.  Batas Kata Penulisan

         Tidak ada hal seperti itu untuk postingan blog. Ini murni tergantung pada jumlah posting yang Anda publikasikan dan topik posting. Namun para ahli SEO setuju pada minimal 300 kata pada setiap postingan untuk menghindari hukuman. Kami akan merekomendasikan Anda kisaran rata-rata 500-700 kata, karena itu tampaknya menjadi angka ajaib untuk pembaca. Tidak terlalu pendek sehingga Anda tidak kehilangan hal-hal penting untuk dituliskan.



12.  Judul Adalah Raja!

         Judul adalah bagian paling penting dari sebuah posting blog karena itu adalah salah satu yang merangsang pembaca untuk mengklik tulisan Anda. Mengoptimalkan judul postingan perupakan bagian penting dari menjadi seorang blogger yang baik. Periksalah blog ini untuk mempelajari itu semua agar Anda memiliki judul yang disukai mesin pencari.



13.  Optimalkan Permalink

       Gunakanlah permalink yang pendek saja. Gunakanlah custom permalink sekitar 5-6 kata maksimalnya dan memisahkan setiap kata dengan tanda hubung "-". Pastikan Anda menggunakan kata kunci yang paling penting dalam permalink (kata kunci fokus Anda).



14.  Kata Kunci Pada Paragraf Awal

         Setelah Anda menemukan kata kunci yang cocok, gunakanlah mereka semua dalam paragraf pengantar Anda. Tidak peduli berapa banyak kata kunci yang Anda ingin gunakan tapi setidaknya Anda menampilkan sekali dalam paragraf pembuka Anda. Maka dari itu kata kunci yang baik sangatlah penting bagi search angine.



15. Heading dan Subheading

          Selalu gunakan kombinasi dari heading yang berbeda. Biasanya judul blog itu adalah H1, jangan pernah gunakan itu. dan judul blog adalah H2. beberapa sumber menyarankan jangan menggunakan itu. Untuk sebagian besar menggunakan kombinasi H3 dan H4 dalam postingan Anda untuk menentukan hirarki yang jelas dalam konten Anda.



16. Typography
 
         Tipografi mengacu pada styling konten Anda. Hal ini hampir sama pentingnya dengan konten itu sendiri. Cobalah untuk menggunakan warna heading yang berbeda, menggunakan teks miring dan tebal untuk menekankan kata kunci Anda. Setelah Anda selesai menulis konten semuanya, blok semua teks dengan menekan Ctrl + A kemudian buatlah rata kanan kiri agar teks terlihat rapi. Jadi intinya adalah mengatur teks pada konten Anda agar terlihat indah dan enak dipandang mata, itu!

17. Meta Description
 
            Meta description adalah bagian kedua yang paling penting dari postingan Anda (setelah judul postingan), karena pengguna akan melihat apa yang muncul di mesin pencari (bersama dengan judul Anda). Tulislah deskripsi yang sangat singkat paling tidak 170-180 karakter dan pastikan untuk memasukkan semua kata kunci penting di dalamnya.

18. Inter Link
 
          Setiap posting di blog Anda harus memiliki internal link ke posting lain yang relevan. Ini adalah salah satu dari banyak cara untuk meningkatkan peringkat blog. Cobalah untuk membuat setidaknya dua link internal dalam paragraf pembuka dan setidaknya satu atau dua lagi di bagian lain dari paragraf lain. Untuk lebih detailnya silahkan baca postingan berikut.

19. Hati-hati dengan Anchor Teks
 
          Anchor teks adalah teks yang diberi link yang Anda gunakan untuk menghubungkan ke halaman lain, dan itu yang akan di klik oleh pengunjung dan mengarah ke halaman postingan lain. Memilih anchor teks adalah bagian yang sangat penting dari teknik linking. Jangan gunakan satu kata anchor teks. Gunakanlah frase! Biasanya sebuah frase tiga kata adalah pilihan yang terbaik. Usahakan menggunakan frase kata kunci sebagai anchor teks.

Perlu diingat untuk tidak pernah menggunakan anchor teks yang sama dua kali untuk link yang sama. Hal ini bisa dianggap sebagai keyword stuffing dan atau spamming.

20. Nofollow VS Dofollow Link
 
         Sebuah atribut nofollow pada sebuah link akan memberi tahu search crawler untuk tidak "mengikuti" link tersebut. Pertama-tama, jika Anda me-link ke halaman eksternal, selalu hubungkan ke halaman yang memiliki peringkat lebih baik dari Anda. Tapi jika Anda harus me-link ke halaman berkualitas rendah, selalu beri atribut rel="nofollow". Tapi jangan pernah melakukan hal ini untuk situs-situs terkemuka seperti Google, Wikipedia, dan lainnya terutama ke halaman Anda sendiri.

21. Gunakan Konten Visual
 
          Gambar, video, infografik, animasi, adalah hal-hal yang berperan sebagai bumbu konten Anda. Jika Anda memiliki video yang berhubungan dengan konten Anda, itu bagus. Jika tidak, cobalah untuk menyertakan setidaknya satu gambar dalam postingan blog Anda. Tergantung pada topik, Anda dapat menambahkannya lebih banyak. Tapi pastikan Anda tidak menambahkan terlalu banyak, jika terlalu banyak maka konten tekstual akan terkesan mati.

22. Memberi Nama pada File dan Gambar
 
       Sebelum meng-upload video, audio, atau file gambar, pastikan selalu untuk mengubah nama file-file itu. Gunakan kata kunci yang bermakna dan memisahkannya dengan tanda hubung. Dengan cara ini, pengunjung dan mesin pencari dapar memberitahu apa file tersebut hanya dengan path file-nya.

18. Optimalkan Gambar Sebelum Upload
 
        Misalkan Anda ingin menampilkan gambar dengan lebar 500 px dan tinggi 300 px. Tidak ada gunanya mengunggah gambar berukuran 1200x720. Ini akan memakan ruang pada server Anda dan waktu rendering akan semakin lama.

23. Image Text dan Alt Text
 
       Selalu menandai foto dengan Judul dan Alt teks. Dan selalu menggunakan kata kunci yang relevan. Kami telah menyusun postingan untuk Anda mengenai optimasi gambar. Silahkan Anda pelajari terlebih dahulu.

24. Bertanyalah Pada Diri Anda Tentang Konten Anda
 
        Jika Anda telah membuat konten yang benar-benar mengagumkan, Anda perlu bertanya pada diri Anda sendiri beberapa pertanyaan di bawah ini. Jika jawabannya untuk semua pertanyaan di bawah ini adalah TIDAK, maka ada sesuatu yang salah dengan konten Anda.

  • Apakah konten sudah masuk akal?
  • Apakah sudah menggunakan tata bahasa dan ejaan yang baik?
  • Apakah konten yang Anda buat bermanfaat?
  • Apakah ini asli/ orisinil buatan Anda sendiri?
  • Apakah sudah layak untuk dipublikasikan?
  • Apakah bahasan sudah mendetail?
  • Apakah ada konten visual seperti gambar atau video?
  • Apakah ada contoh, referensi, ide-ide yang unik?
  • Apakah cukup interaktif untuk pembaca?
  • Apakah sudah dapat menjawab pertanyaan pengunjung mengenai pengalaman mereka?



25. Label Blog

       Aturlah struktur blog Anda menjadi serangkaian Label (atau tag dan kategori jika Anda menggunakan WordPress). Gunakan setidaknya satu dan maksimal tiga label untuk satu postingan blog Anda. Pertahankan jumlah label keseluruhan antara 15-20 saja.



26. Sinkronisasi Posting dengan Traffic

         Jangan mempublikasikan posting jika Anda belum menyelesaikannya. Selalu jadwalkan posting untuk tepat pada waktunya. Misalnya, memantau statistik lalu lintas dan melihat kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan jumlah lalu lintas yang banyak. Setelah itu Anda pikirkan untuk memposting di sekitar waktu itu. Tapi cobalah untuk konsisten tentang waktu Anda. Pilihlah waktu dimana sedang banyak-banyaknya lalu lintas misalkan di siang hari disaat jam istirahat orang-orang atau sore hari di saat jam santai orang-orang. Karena pada waktu itu banyak pengguna internet yang sedang aktif.



27. Frekuensi Posting

         Tidak ada batasan ketika membicarakan masalah frekuensi. Tapi semakin banyak, semakin baik. Cobalah untuk bersaing dengan minimal satu postingan per hari, jika bisa. Anda juga dapat menulis sebanyak yang Anda bisa per hari. Tidak ada batas. Anda bahkan dapat menulis seratus kali jika Anda mampu. :) hehehe...



28. Membuat Sitemap

          Sitemap adalah daftar dari semua halaman di situs Anda. Sering kali crawler pencarian mungkin kehilangan halaman karena Anda mungkin tidak terkait dengan itu di halaman lain. Jadi untuk memberitahu mesin pencari untuk mengindeks halaman yang terisolasi, Anda harus mengirimkan sitemap ke mesin pencari.



29. Waktu Loading Blog

           Waktu loading blog juga penting dan terasa user-friendly. Semakin lambat sebuah loading blog, semakin banyak pengunjung cenderung untuk meninggalkan blog Anda sebelum halaman Anda ditampilkan semuanya. Jadi berusahalah untuk menjaga waktu loading blog Anda secepat mungkin tapi tetap mempertahankan keindahan template Anda. Berikut adalah postingan yang mungkin ingin Anda baca.



30. Sitelink

           Sitelink muncul pada blog yang memiliki PR 2 atau di atasnya dan mereka adalah kumpulan link di blog Anda yang muncul dalam hasil pencarian Google. Itu membuat blog Anda terlihat lebih profesional. Singkat saja penjelasan ini karena jari saya sudah lelah mengetik.



31. Widget Social Bookmark

         Tambahkan widget social bookmark di blog Anda untuk meningkatkan peringkat blog Anda. Seacrh Engine suka kalau dia menemukan link ke profil jejaring sosial Anda. Selain itu, widget tersebut memudahkan pengunjung untuk berbagi konten Anda kepada orang lain.



32. Directory Submission

          Mengirimkan blog Anda ke direktori seperti DMOZ akan meningkatkan jumlah backlink yang Anda miliki, dan pada gilirannya akan meningkatkan peringkat blog Anda.



33. Perhatikan PageRank Anda

         
        PageRank adalah cara Google memberikan peringkat pada situs web. Semakin tinggi PR Anda, semakin baik Anda memiliki kesempatan masuk ke hasil pencarian dan semakin cepat tingkat indeks blog Anda.



34. Menghindari Hukuman SEO

        Pada akhirnya Anda harus menghindari taktik kotor SEO untuk meningkatkan peringkat situs. Selalu gunakan teknik yang SEO friendly untuk menghindari hukuman algoritma Google. Periksalah postingan berikut ini untuk info lebih lanjut.


Sekian Tips dari saya .. selamat malam dan terima kasih :)

Share on Google Plus

About otakinside.blogspot.com

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: