Selamat malam para blogger sekalian kali ini saya akan memberikan sedikit informasi yang gak begitu penting :D Kita sebagai blogger tentunya paham cara mengptimalkan blog yang kita buat ,untuk mengoptmalkan blog jangan cuma terfokus pada cara mengoptimasikan SEO Blog tanpa memikirkan kualitas artikel didalam blog
tersebut karena Blogging ialah aktivitas yang amat penting untuk menaikan
popularitas usaha Anda di dunia maya. Bagi sejumlah bisnis, blogging telah
memberi keuntungan yang dahsyat, bahkan mampu menambah bisnis tersebut ke
tingkat yang lebih bagus di dalam persaingan yang sulit. Sekarang ini,
aktivitas blogging yg memberikan nilai kepada penggunanya kelihatannya telah
menjadi hal yg jauh lebih berharga dibanding kepentingan SEO saja sebab aktifitas
pembaca di blog Kita pun telah menjadi salahsatu bagian penting dari SEO
tersebut. Jadi sorang blogger musti tahu cara mengoptimasi blog dari segi
SEO & sekaligus dari segi pengunjungnya.
Sejatinya kegiatan blogging tuk
tujuan SEO tidaklah sesuatu yang jelek, bagi saya. Namun pada kenyataannya
banyak blogger yang cuma mendahulukan tujuan SEO saja dan tak memikirkan
bagaimana pengunjung dalam membaca konten yang dibikin. Bila Anda adalah salah
seorang blogger yng melakukan hal itu, percayalah jika Anda saat ini tengah
mengumbar-umbar waktu potensial yang bisa mendatangkan keuntungan.
Tentu lebih bagus bila kita
melakukan aktivitas blogging dengan memikirkan kedua hal ini, yakni SEO serta
visitor Anda. Berikut ini ialah sebagian kegiatan blogging yang mampu
memberikan nilai positif dari segi SEO & audien blog Anda.
1. Berusaha
Tuk Memunculkan Topik yang Unik
Pembaca umumnya suka men-sharing
konten yang unik dan bagus ke media sosial. Lantas bagaimana cara anda
mengetahui sebuah topik yang unik? Pahami beberapa teknik berikut tuk
memastikan jika topik yang Anda bikin cukup unik dan menarik untuk orang lain:
- Bertanya kepada pengunjung via sosial media maupun juga melewati blog Anda.
- Datangi forum2 yang berisi tanya jawab semacam Yahoo Answers, forum web hosting, forum SEO untuk mendapatkan masalah yang sedang dibicarakan kemudian buatlah artikel yang berhubungan dengan itu.
- Pergunakan Twitter dan Facebook tuk mendapatkan topik yang kerap dibahas, caranya dengan memanfaatkan fitur hastag di sosial media tsbt.
- Berkunjung ke blog lainnya dan perhatikan isu apa saja yang sering dibaca dan diberikan komentar oleh pengunjungnya.
- Memperhatikan website berita kemudian menyaring informasi yang betul-betul sesuai dengan niche maupun topik blog Anda.
2. Temukan
Keyword yang Cocok
Bila Anda ingin sukses di dalam SEO & mendapat banyak audien, maka menyeleksi
keyword yang cocok merupakan sebuah keharusan sebab kata kunci (keywords)
mempunyai peranan yang amat penting dalam menentukan ranking konten Anda di
dalam search engine, dan bakal selalu demikian. Makin banyak variasi keyword
untuk sebuah topik, maka potensi pengunjung Anda pasti kian bertambah.
Kita dapat memakai fasilitas yang
free dari Google Adwords tuk mencari beragam keyword yang sering gunakan di
Google. Pakai variasi keyword di dalam setiap artikel yang Anda bikin, buat
senatural mungkin tuk menghindari penilize dari Search engine. Jika Anda
memilih suatu topik yang menurut Kita unik tapi jumlah pencarinya tak begitu
banyak, tetaplah menulis tuk isu tersebut sebab pasti ada pengunjung lainnya
yang mempunyai minat yang serupa dengan Kita.
3. Buatlah
Artikel Dengan Sepenuh Hati
Setiap kali membikin sebuah artikel, menulislah dengan
sepenuh hati sekonyong-konyong Anda memiliki otoritas dan ahli dalam pembahasan
tersebut, tapi tetap dengan gaya menulis yang apa adanya. Buatlah artikel yang
memiliki kekuatan dan nilai kepada pembacanya. Bila konten Anda kebanyakan
terkesan layaknya menjual sesuatu, bisa jadi audien Anda bakal meninggalkan
blog Anda. Seharusnya artikel Anda berisi pengetahuan yang bernilai, tidak cuma
mengandung link promosi saja.
4.. Pastikan
Artikel Anda Enak Dibaca & Dipahami
Kebanyakan pemirsa sekarang tak
menyukai dengan hal yang berbasa-basi dan ngalor-ngidul. Mereka lebih menyukai
membaca point2 terpenting dari sebuah artikel. Sebab itu, sudah semestinya
artikel yang kita buat supaya lebih gampang dibaca dan dipahami, contohnya
dengan membuatkan sub header yg detail untuk seluruh point2 terpenting yang mau
kita kemukakan.
5. Optimalkan
Artikel Buat Mesin Pencari
Bila Anda telah mengoptimalkan
artikel untuk pembaca, langkah berikutnya ialah mengoptimalkan konten yang
telah anda buat itu untuk SEO yang lebih bagus. Langkah ini dapat kita awali
dengan memasukkan keyword di dalam title halaman dan membuatkan keyword didalam
konten, diawali dari paragraf kesatu, bagian midle, dan paragraf terakhir.
Gunakan keyword di dalam artikel
dengan senatural mungkin, jangan memakai keyword yang sama yang banyak. Akan
lebih sempurna bila kita memakai keyword lainnya yang masih berkaitan dengan
keyword utama yg kita pilih. Disamping itu, Anda dapat menghubungkan artikel
yang telah anda buat itu dengan artikel lain yang masih berkaitan didalam blog
Anda, yakni dengan membuatkan related post.
6. Bagikan
Artikel Kita di Sosial media
Kita wajib memanfaatkan sosial media
untuk menyerap audience lebih banyak, yakni dengan men-sharing artikel tersebut
ke sosial media semacam Facebook, Twitter, Google+, dan yg lainnya. Jika konten
Anda jelas memberikan nilai untuk kawan2 di sosial media, bisa jadi mereka pun
akan melakukan menyebarluaskan artikel tersebut. Jangan lupa membuatkan tombol
media sosial di semua artikel Kita untuk lebih mempermudah audience Anda
men-sharing artikel yang telah anda buat itu di sosial media dan demikian
sedikit tentang Cara Mengoptimasikan SEO Blog
7. Memeriksa Kompetisi yang Ada
Periksalah ini selalu untuk melihat apa yang pesaing Anda lakukan, topik
apa yang mereka posting, strategi apa yang mereka gunakan, dan yang
paling pentig apa yang sedang tren di situs web mereka. Saya tidak
mengatakan bahwa Anda harus meng-copy-nya. Tetapi mencari petunjuk
sebelum menulis dengan ide-ide di konten Anda sendiri.
8. Memeriksa Konten Terbaru
Pastikan Anda mengikuti tren dan berita terbaru di berbagai jejaring
sosial. Menulis tentang apa sang sedang panas dibicarakan. Menulis
tentang tren terbaru tidak hanya akan membawa banyak pembaca, tapi juga
memberitahu search engine bahwa website Anda itu dinamis dan menyediakan
konten yang segar dan terbaru untuk para pengguna internet.
9. Memerikasa Keyword Sebelum Posting
Jadi, Anda telah memutuskan untuk menulis tentang sesuatu. Tapi Anda
sedang mencari kata-kata untuk menjelaskan? Anda harus belajar bagaimana
untuk melakukan penelitian kata kunci. Anda akan membutuhkan kata kuncu
untuk berbagai hal yang berbeda seperti judul, meta description, tag,
dan sebagainya. Periksalah artikel-artikel ini dan orang lain untuk
mengetahui lebih lanjut tentang hal itu.
10. Perbedaan antara Penulis dan Blogger
Seorang blogger yang baik mungkin menjadi penulis yang baik, tetapi
untuk sebaliknya tidak selalu benar. Seorang penulis yang baik mungkin
tahu bagaimana menulis untuk pembaca, tapi blogger juga tahu bagaimana
menulis untuk mesin pencari. Untuk menjadi blogger yang baik Anda perlu
untuk mengadopsi gaya teknik pengunjung, melakukan pendekatan yang konsisten, dan banyak lagi. Silahkan Anda lakukan itu. Silahkan periksa postingan ini
11. Batas Kata Penulisan
Tidak ada hal seperti itu untuk postingan blog. Ini murni tergantung
pada jumlah posting yang Anda publikasikan dan topik posting. Namun para
ahli SEO setuju pada minimal 300 kata pada setiap postingan untuk
menghindari hukuman. Kami akan merekomendasikan Anda kisaran rata-rata
500-700 kata, karena itu tampaknya menjadi angka ajaib untuk pembaca.
Tidak terlalu pendek sehingga Anda tidak kehilangan hal-hal penting
untuk dituliskan.
12. Judul Adalah Raja!
Judul adalah bagian paling penting dari sebuah posting blog karena itu
adalah salah satu yang merangsang pembaca untuk mengklik tulisan Anda.
Mengoptimalkan judul postingan perupakan bagian penting dari menjadi
seorang blogger yang baik. Periksalah blog ini untuk mempelajari itu
semua agar Anda memiliki judul yang disukai mesin pencari.
13. Optimalkan Permalink
Gunakanlah permalink yang pendek saja. Gunakanlah custom permalink
sekitar 5-6 kata maksimalnya dan memisahkan setiap kata dengan tanda
hubung "-". Pastikan Anda menggunakan kata kunci yang paling penting
dalam permalink (kata kunci fokus Anda).
14. Kata Kunci Pada Paragraf Awal
Setelah Anda menemukan kata kunci yang cocok, gunakanlah mereka semua
dalam paragraf pengantar Anda. Tidak peduli berapa banyak kata kunci
yang Anda ingin gunakan tapi setidaknya Anda menampilkan sekali dalam
paragraf pembuka Anda. Maka dari itu kata kunci yang baik sangatlah
penting bagi search angine.
15. Heading dan Subheading
Selalu gunakan kombinasi dari heading yang berbeda. Biasanya judul blog
itu adalah H1, jangan pernah gunakan itu. dan judul blog adalah H2.
beberapa sumber menyarankan jangan menggunakan itu. Untuk sebagian besar
menggunakan kombinasi H3 dan H4 dalam postingan Anda untuk menentukan
hirarki yang jelas dalam konten Anda.
16. Typography
Tipografi mengacu pada styling konten Anda. Hal ini hampir sama pentingnya dengan konten itu sendiri. Cobalah untuk menggunakan warna heading yang berbeda, menggunakan teks miring dan tebal untuk menekankan kata kunci Anda. Setelah Anda selesai menulis konten semuanya, blok semua teks dengan menekan Ctrl + A kemudian buatlah rata kanan kiri agar teks terlihat rapi. Jadi intinya adalah mengatur teks pada konten Anda agar terlihat indah dan enak dipandang mata, itu!
17. Meta Description
Meta description adalah bagian kedua yang paling penting dari postingan Anda (setelah judul postingan), karena pengguna akan melihat apa yang muncul di mesin pencari (bersama dengan judul Anda). Tulislah deskripsi yang sangat singkat paling tidak 170-180 karakter dan pastikan untuk memasukkan semua kata kunci penting di dalamnya.
18. Inter Link
Setiap posting di blog Anda harus memiliki internal link ke posting lain yang relevan. Ini adalah salah satu dari banyak cara untuk meningkatkan peringkat blog. Cobalah untuk membuat setidaknya dua link internal dalam paragraf pembuka dan setidaknya satu atau dua lagi di bagian lain dari paragraf lain. Untuk lebih detailnya silahkan baca postingan berikut.
19. Hati-hati dengan Anchor Teks
Anchor teks adalah teks yang diberi link yang Anda gunakan untuk menghubungkan ke halaman lain, dan itu yang akan di klik oleh pengunjung dan mengarah ke halaman postingan lain. Memilih anchor teks adalah bagian yang sangat penting dari teknik linking. Jangan gunakan satu kata anchor teks. Gunakanlah frase! Biasanya sebuah frase tiga kata adalah pilihan yang terbaik. Usahakan menggunakan frase kata kunci sebagai anchor teks.
Perlu diingat untuk tidak pernah menggunakan anchor teks yang sama dua kali untuk link yang sama. Hal ini bisa dianggap sebagai keyword stuffing dan atau spamming.
20. Nofollow VS Dofollow Link
Sebuah atribut nofollow pada sebuah link akan memberi tahu search crawler untuk tidak "mengikuti" link tersebut. Pertama-tama, jika Anda me-link ke halaman eksternal, selalu hubungkan ke halaman yang memiliki peringkat lebih baik dari Anda. Tapi jika Anda harus me-link ke halaman berkualitas rendah, selalu beri atribut rel="nofollow". Tapi jangan pernah melakukan hal ini untuk situs-situs terkemuka seperti Google, Wikipedia, dan lainnya terutama ke halaman Anda sendiri.
21. Gunakan Konten Visual
Gambar, video, infografik, animasi, adalah hal-hal yang berperan sebagai bumbu konten Anda. Jika Anda memiliki video yang berhubungan dengan konten Anda, itu bagus. Jika tidak, cobalah untuk menyertakan setidaknya satu gambar dalam postingan blog Anda. Tergantung pada topik, Anda dapat menambahkannya lebih banyak. Tapi pastikan Anda tidak menambahkan terlalu banyak, jika terlalu banyak maka konten tekstual akan terkesan mati.
22. Memberi Nama pada File dan Gambar
Sebelum meng-upload video, audio, atau file gambar, pastikan selalu untuk mengubah nama file-file itu. Gunakan kata kunci yang bermakna dan memisahkannya dengan tanda hubung. Dengan cara ini, pengunjung dan mesin pencari dapar memberitahu apa file tersebut hanya dengan path file-nya.
18. Optimalkan Gambar Sebelum Upload
Misalkan Anda ingin menampilkan gambar dengan lebar 500 px dan tinggi 300 px. Tidak ada gunanya mengunggah gambar berukuran 1200x720. Ini akan memakan ruang pada server Anda dan waktu rendering akan semakin lama.
23. Image Text dan Alt Text
Selalu menandai foto dengan Judul dan Alt teks. Dan selalu menggunakan kata kunci yang relevan. Kami telah menyusun postingan untuk Anda mengenai optimasi gambar. Silahkan Anda pelajari terlebih dahulu.
24. Bertanyalah Pada Diri Anda Tentang Konten Anda
Jika Anda telah membuat konten yang benar-benar mengagumkan, Anda perlu bertanya pada diri Anda sendiri beberapa pertanyaan di bawah ini. Jika jawabannya untuk semua pertanyaan di bawah ini adalah TIDAK, maka ada sesuatu yang salah dengan konten Anda.
- Apakah konten sudah masuk akal?
- Apakah sudah menggunakan tata bahasa dan ejaan yang baik?
- Apakah konten yang Anda buat bermanfaat?
- Apakah ini asli/ orisinil buatan Anda sendiri?
- Apakah sudah layak untuk dipublikasikan?
- Apakah bahasan sudah mendetail?
- Apakah ada konten visual seperti gambar atau video?
- Apakah ada contoh, referensi, ide-ide yang unik?
- Apakah cukup interaktif untuk pembaca?
- Apakah sudah dapat menjawab pertanyaan pengunjung mengenai pengalaman mereka?
25. Label Blog
Aturlah struktur blog Anda menjadi serangkaian Label (atau tag dan
kategori jika Anda menggunakan WordPress). Gunakan setidaknya satu dan
maksimal tiga label untuk satu postingan blog Anda. Pertahankan jumlah
label keseluruhan antara 15-20 saja.
26. Sinkronisasi Posting dengan Traffic
Jangan mempublikasikan posting jika Anda belum menyelesaikannya. Selalu
jadwalkan posting untuk tepat pada waktunya. Misalnya, memantau
statistik lalu lintas dan melihat kapan waktu yang tepat untuk
mendapatkan jumlah lalu lintas yang banyak. Setelah itu Anda pikirkan
untuk memposting di sekitar waktu itu. Tapi cobalah untuk konsisten
tentang waktu Anda. Pilihlah waktu dimana sedang banyak-banyaknya lalu
lintas misalkan di siang hari disaat jam istirahat orang-orang atau sore
hari di saat jam santai orang-orang. Karena pada waktu itu banyak
pengguna internet yang sedang aktif.
27. Frekuensi Posting
Tidak ada batasan ketika membicarakan masalah frekuensi. Tapi semakin
banyak, semakin baik. Cobalah untuk bersaing dengan minimal satu
postingan per hari, jika bisa. Anda juga dapat menulis sebanyak yang
Anda bisa per hari. Tidak ada batas. Anda bahkan dapat menulis seratus
kali jika Anda mampu. :) hehehe...
28. Membuat Sitemap
Sitemap adalah daftar dari semua halaman di situs Anda. Sering kali
crawler pencarian mungkin kehilangan halaman karena Anda mungkin tidak
terkait dengan itu di halaman lain. Jadi untuk memberitahu mesin pencari
untuk mengindeks halaman yang terisolasi, Anda harus mengirimkan
sitemap ke mesin pencari.
29. Waktu Loading Blog
Waktu loading blog juga penting dan terasa user-friendly. Semakin lambat
sebuah loading blog, semakin banyak pengunjung cenderung untuk
meninggalkan blog Anda sebelum halaman Anda ditampilkan semuanya. Jadi
berusahalah untuk menjaga waktu loading blog Anda secepat mungkin tapi
tetap mempertahankan keindahan template Anda. Berikut adalah postingan
yang mungkin ingin Anda baca.
30. Sitelink
Sitelink muncul pada blog yang memiliki PR 2 atau di atasnya dan mereka
adalah kumpulan link di blog Anda yang muncul dalam hasil pencarian
Google. Itu membuat blog Anda terlihat lebih profesional. Singkat saja
penjelasan ini karena jari saya sudah lelah mengetik.
31. Widget Social Bookmark
Tambahkan widget social bookmark di blog Anda untuk meningkatkan
peringkat blog Anda. Seacrh Engine suka kalau dia menemukan link ke
profil jejaring sosial Anda. Selain itu, widget tersebut memudahkan
pengunjung untuk berbagi konten Anda kepada orang lain.
32. Directory Submission
Mengirimkan blog Anda ke direktori seperti DMOZ akan meningkatkan jumlah
backlink yang Anda miliki, dan pada gilirannya akan meningkatkan
peringkat blog Anda.
33. Perhatikan PageRank Anda
PageRank adalah cara Google memberikan peringkat pada situs web. Semakin
tinggi PR Anda, semakin baik Anda memiliki kesempatan masuk ke hasil
pencarian dan semakin cepat tingkat indeks blog Anda.
34. Menghindari Hukuman SEO
Pada akhirnya Anda harus menghindari taktik kotor SEO untuk meningkatkan
peringkat situs. Selalu gunakan teknik yang SEO friendly untuk
menghindari hukuman algoritma Google. Periksalah postingan berikut ini
untuk info lebih lanjut.
Sekian Tips dari saya .. selamat malam dan terima kasih :)
0 komentar:
Posting Komentar